Fairy Clock


Get your own Digital Clock

Senin, 12 Desember 2011

Pelangi Kampus

Warna – Warni Dunia Kampus 

Kehidupan perkuliahan memiliki warna tersendiri bagi beberapa kelompok mahasiswa. Setiap kelompok memiliki pemaknaan sendiri – sendiri yang tidak akan pernah bisa lepas dari unsur subjektifitas. Setidaknya ada empat kategori mahasiswa yang masing – masing memiliki sense of life.

Kelompok pertama adalah kelompok yang berpandangan adanya keseimbangan antara intelektualitas dan spiritualitas di dalam kehidupannya.
Kelompok ini cenderung memilih pondok pesantren sebagai tempat tinggal. Pondok pesantren dianggap mampu memenuhi kabutuhan mereka akan nilai – nilai religi seperti pentingnya sholat, mengkaji kitab, tadarus al – quran, dan kehidupan pondok pesantren lainnya. Selain pondok pesantren organissi yang bersifat agamais juga menjadi referensi kelompok ini.

Kelompk kedua adalah mahasiswa di mana kuliah menjadi orientasi utama kehidupannya pada sat itu. Hal – hal yang menghambat perkuliahan dianggap tidak perlu ditoleh apalagi dihampiri. Mereka beranggapan bahwa kesuksesan dan kelancaran dalam perkuliahan berarti masa depan cerah menanti mereka. 

Kelompok ke tiga adalah mahasiswa yang hanya menghabiskan masa perkuliahannya tanpa mampu memaknai apa tujuan sebenarnya oran tua mereka memberikan kesempatan untuk duduk dibangku perkuliahan. Mahasiswa pada golongan ini biasnya berasal dari kelas - kelas borjuis yang dimanjakan oleh gelimpangan materi yang dimiliki orng tua mereka. Golongan ini berpandangan bahwa kehidupan masa depan mereka telah disiapkan oleh orang tua mereka. 

Kelompok ke 4 adalah kelompok yang berpandangan bahwa disamping kuliah harus ada organisasi yang menyertainya. Organisai merupakan pelengkap sekaligus komplementer kehidupan perkuliahan yang secara tidak langsung mahasiwa dalam golongan ini menjadi militan. Masing – masing dari kelompok mahasiswa diatas semata –mata merupakan keanekaragaman yang patut kita syukuri. Banyak sisi positif yang bisa kita dapatkan diantaranya, sebagai media refleksi diri kita untuk menjadi insan yang cerdas emosional, cerdas sosial, cerdas spiritual, dan cerdas intelektual. Hidup mahasiswa….!

1 komentar: